Jumat, 23 Desember 2011

Dasar_dasar Gizi


TUGAS DASAR- DASAR GIZI


KASUS GIZI DASAR




Disusun Oleh :
NAMA           : DAHYAR MASUKU (TUBEL)
NIM                : K11111641
KELAS          : D



FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS HASANUDIN
MAKASAR, 2011

Pertanyaan :
  1. Apa bedanya konsep Gizi Seimbang dengan konsep Empat Sehat Lima Sempurna? Mengapa lebih banyak masyarakat yang tahu empat sehat lima sempurna dibanding gizi seimbang?
Jawaban :
Konsep Pedoman Gizi Seimbang (PGS) berprinsip, tiap golongan usia, status, kesehatan dan aktivitas fisik memerlukan PGS berbeda yang sesuai. Pola gizi seimbang memerhatikan pula faktor di luar makanan, seperti prinsip keanekaragaman, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan ideal. Sedangkan konsep 4 sehat 5 sempurna menyamaratakan kebutuhan gizi semua orang yang berusia di atas 2 tahun.
Masyarakat lebih mengenal 4S5S, oleh karena Konsep Pedoman Gizi Seimbang (PGS) kurang disosialisasikan, sehingga terjadi pemahaman yang salah dan masyarakat cenderung tetap menggunakan pedoman lama.
  1. Indeks Glikemik (IG) adalah indeks yang memperlihatkan kecepatan tersedianya glukosa dalam darah dari makanan yang dikonsumsi.  Sebutkan masing-masing 5 jenis makanan yang mempunyai IG tinggi, IG sedang, dan IG rendah.
Jawaban :
-    Indeks Glikemik Tinggi? 1. kacang tanah, 2. jeruk besar, 3. susu kedelai, 4. apel,       5. pear.
-       Indeks Glikemik Sedang? 1. beras merah, 2. nasi putih, 3. es krim, 4. kismis, 5. gula meja.
-       Indeks Glikemik Rendah? 1. wortel, 2.semangka, 3.madu, 4.rice instant, 5.corn flakes,

  1. Pemanis buatan seperti aspartam banyak tersedia di pasaran yang banyak digunakan oleh industri minuman.  Sebutkan 10 produk makanan yang menggunakan aspartam, dan sebutkan pula akibat yang bisa muncul dari konsumsi pemanis buatan ini?

Jawaban :
-    1. Hemaviton, Hemaviton Action, Hemaviton Energi Drink, Neo Hormofiton,        2. Segar Sari, 3. Pop Ice Blender, Sari Vit C, 4. M150, 5. Aqua Splas of Fruit,        6. Energen Cereal, 7. Pop Ice, 8. Nidhi Orange Drink, 9. Amazone, dan Mizone.
10.  Jas jus.
-    terjadi wabah pengerasan otak atau sumsum tulang belakang dan lupus.

  1. Kelebihan konsumsi makronutrient (gizi makro) berakibat obesitas yang banyak diderita baik oleh masyarakat di negara maju maupun negara berkembang seperti Indonesia.  Sebutkan upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi obesitas?
Jawaban :
-       Pengaturan pola makan
-       Olah Raga
-       Konsumsi Obat
-       Beberapa cara lain : Akupuntur, Mesotherapy, Liposuction dan Body Contouring
  1. Selain zat gizi, faktor non-gizi yang dikenal dengan Phyto-chemical agent (fitokimia) sangat diperlukan oleh tubuh kita.  Sebutkan jenis-jenis fitokimia yang diketahui mencegah penyakit kanker?
Jawaban :
-       Karotenoid / senyawa yang menyebabkan wortel berwarna oranye                    
-       Lycopene Senyawa ini banyak terdapat di tomat, paprika merah, semangka, dan wortel diketahui dapat menurunkan risiko kanker prostat.
-       Flavonoid banyak ditemukan pada jeruk, apel, kiwi, anggur merah, brokoli, dan teh hijau.
-       Sulforafen terdapat pada kembang kol, brokoli, kubis, dan bokchoy.
-       Limonen ditemukan pada bagian kulit dan selaput putih buah dalam kelompok jeruk seperti jeruk orange, mandarin, limau, lemon, jeruk nipis.
-       Asam ellagat senyawa dijumpai pada anggur merah, kiwi, dan strawberi
  1. Bila Anda makan, maka sebaiknya mencuci tangan, bahkan dianjurkan berwudhu terlebih dahulu.  Mengapa?  Apa hubungannya dengan penyakit menular yang masih banyak di Indonesia?

Jawaban :
Karena mencuci tangan atau wudhu dapat menghilangkan kuman yang menempel pada tangan. Hubungannya dengan penyakit menular adalah karena tangan merupakan salah satu jalur penularan berbagai penyakit menular seperti infeksi saluran pernafasan, penyakit kulit, penyakit gangguan usus dan pencernaan (diare, muntah). Tangan merupakan salah satu penghantar utama masuknya kuman penyakit ke tubuh manusia.

  1. Apa saja sumber utama dari karbohidrat, lemak, dan protein dari pola makan keluarga pak Ahmad? Apakah sumber bahan makanan tersebut, dalam keluarga pak Ahmad, cukup bervariasi?

Jawaban :
§  Karbohidrat                 : nasi
§  Lemak                         : santan kelapa
§  Protein                         : ikan, sayur
Sumber makanan dalam keluarga pak ahmad belum bervariasi

  1. Gambarkan mekanisme terjadinya Prediabetes yang diderita pak Ahmad?  Apa hubungannya penyakit ini dengan konsumsi nasi? Jelaskan.

Jawaban :
Seseorang dikatakan mengidap prediabetes jika kadar gula darah telah melampaui batas normal, tetapi belum mencapai batas diagnosis diabetes. Kondisi prediabetes tidak boleh dianggap enteng, karena sebagian individu dengan prediabetes akan berkembang menjadi diabetes, apabila tidak ditangani dengan baik. Individu dengan prediabetes yang tidak ditangani, dalam waktu sekitar 5-10 tahun, akan meningkat menjadi diabetes. Dan jika sudah diabetes, tidak dapat disembuhkan dan lebih sulit penanganannya. Kurang beraktivitas dan berolah raga serta terlalu banyak mengonsumsi junk food, bisa menjadi salah satu penyebab prediabetes.

Oleh karena itu, individu dengan prediabetes memerlukan penatalaksanaan memadai, meliputi perubahan gaya hidup yang lebih sehat guna memperbaiki profil glikemia (gula darah) dan menurunkan risiko kardiovaskular. Berbeda dengan diabetes yang tidak dapat disembuhkan, individu dengan prediabetes bisa kembali normal. Dituntut kesadaran yang tinggi bagi individu tersebut, untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

9.      Pada keluarga ini, pak Ahmad menderita penyakit degeneratif, istrinya kekurangan gizi, dan anak-anaknya dengan status gizi normal.  Padahal mereka hidup dalam satu keluarga dengan pola makan yang sama.  Bagaimana hal ini dijelaskan ?

Jawaban:
Hal itu adalah sesuatu yang wajar, dikarenakan kebutuhan gizi setiap orang berbeda-beda dan penyebab berbeda-bedanya kebutuhan setiap gizi multifaktor, yaitu diantaranya usia, jenis kelamin, jenis pekerjaan, aktivitas, pendidikan dan sebagainya. Dari ilustrasi kasus di atas, bahwa pak Ahmad mengkonsumsi makronutrient berlebih dan sang istri kekurangan gizi dikarenakan dia menyamaratakan kebutuhannya dengan anak dan suaminya sementara ia membutuhkan porsi berlebih.

10.  Apa bedanya kandungan KH sederhana yang ada pada gula meja (gula putih) dan yang ada pada Madu?  Betulkan, madu tidak dianjurkan pada penderita Diabetes? Mengapa?

Jawaban:
Madu mempunyai sifat yang sangat mirip dengan gula, sehingga tidak ada manfaat yang signifikan jika gula diganti dengan madu. Perbedaan gula dan madu adalah madu mengandung beberapa macam mineral, tetapi dalam jumlah yang sangat kecil.

Selain itu, madu jauh lebih manis dibanding gula, sehingga kebutuhan madu akan lebih sedikit dibanding gula. Tetapi ujung-ujungnya akan sama, karena kandungan karbohidrat dan kalori madu lebih tinggi. Jadi jumlah karbohidrat dan kalori yang masuk ke dalam tubuh relatif hampir sama.
Dari penjelasan diatas, diketahui madu tidak disarankan (dikonsumsi dengan berlebihan) karena kandungan karbohidrat dan kalorinya bahkan lebih tinggi daripada gula meja (gula putih).






11.  Sumber lemak dan protein sangat diperlukan oleh ibu Ahmad (dengan IMT yang rendah).  Berikan alternatif makanan yang mengandung lemak dan protein yang cukup dengan harga yang terjangkau oleh keluarga pak Ahmad.

Jawaban:
Telur:   Telur ayam merupakan yang paling umum dikonsumsi dan sangat bernutrisi tinggi. Telur ayam banyak mengandung berbagai jenis protein berkualitas tinggi termasuk mengandung semua jenis asam amino esensial bagi kebutuhan manusia.
Tempe: Tempe adalah makanan hasil fermentasi antara kedelai dengan jamur Rhizopus Oligosporus. Sepotong tempe mengandung berbagai unsur bermanfaat, seperti karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin, enzim, daidzein, genisten, serta komponen antibakteri bermanfaat untuk kesehatan.
Pisang: pisang  merupakan sumber karbohidrat tinggi selain kentang dan gandum. Kombinasikan pisang dengan whey protein dan konsumsi setelah latihan rutin sebagai solusi untuk menambah berat badan sekaligus massa otot.
Ikan teri : ikan teri mengandung protein. Ikan teri dipandang sebagai makanan rakyat, ikan teri memiliki manfaat yang besar. Kandungan protein ikan teri mencapai 20 %. Bila ingin mengkonsumsi ikan teri, anda bisa mengolahnya dengan cara digoreng atau ditumis, tapi jangan terlalu lama pengolahannya agar kandungan protein dan kalsiumnya tetap dijaga

  1. Dalam dekade terakhir ini, Gizi dianggap sebagai Dasar Pembangunan Bangsa. Jelaskan pernyataan ini.
Jawaban :
Gizi merupakan salah satu komponen penting dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas sehingga mampu berperan secara optimal dalam pembangunan bangsa.

  1. Sejak kapan Ilmu Gizi berkembang di Indonesia?  Sebutkan minimal 5 tokoh Gizi dunia dan nasional yang Anda ketahui? Apa latar belakang ilmu yang mereka punyai?
Jawaban :
a.    Sejarah
-            Tahun 15-1-1888 di Jakarta. Belanda mendirikan “Laboratorium Kesehatan Tujuannya Menanggulangi Penyakit Beri-Beri di Indonesia
-            Tahun 1930, De Hass dkk menemukan defisiensi Vitamin A, (1935) (Kurang Energi Protein
-             Tahun 1934 = Lembaga Makanan Rakyat
-            Tahun 1938, bermula dari Tahun 1919, Jansen dan Donath yang sekarang dikenal sebagai Daftar Komposisi Bahan Makanan dikenal dengan DKBM
-            Tahun 1950, Lembaga Makanan Rakyat berada dibawah Kementerian Kesehatan RI ( diketuai  Prof. Poerwo Soedarmo Pendiri PERSAGI atau dikenal juga sebagai Bapak Gizi Indonesia. Bapak Poerwo Soedarmo juga berhasil memperkenalkan promosi gizi yang baik dengan istilah “Empat Sehat Lima Sempurna”
b.  Tokoh Dunia dan Indonesi serta latar belakang ilmu
     1.    Lavoisier penelitian kuantitatif mengenai pernapasan dengan percobaan binatang (kelinci). Bapak Ilmu Gizi Dunia.
2.    Liebig Analisis Protein, KH dan Lemak. Komponen utama penghasil energi tubuh.
3.    Vait, Rubner , Atwater, Lusk, dikenal sebagai Pakar dalam pengukuran energi dengan kalorimeter. (kkal)
4.    Hopkin, Eljkman, perintis penemuan vitamin dan membedakannya vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak.
5.    Mendel, Osborn, penemuan vitamin dan analisis kualitas protein. asam amino essensial dan non essensial.

1.      Prof. Poerwo Soedarmo Bapak Gizi Indonesia. memperkenalkan promosi gizi yang baik dengan istilah “Empat Sehat Lima Sempurna”
2.      Prof Soekirman Ph.D Guru Besar Ilmu Gizi IPB Bogor tentang kelaparan.
3.      Prof. Poerwo Soedarmao Mencetak Tenaga Ahli Gizi ( AKZI dan FKUI)
4.      Domen  penelitian tentang  kwashiorkor
5.      Klerk penelitian tentang Tinggi Badan (TB) dan Berat Badan (BB) anak Sekolah yang dapat memberikan gambaran Status Gizi Anak SD pada masa balitanya.

  1. Air dalam tubuh manusia menjadi mediasi dari hampir semua proses metabolisme.  Apa hubungannya dengan konsumsi air yang telah diberikan perkataan yang baik, seperti berisi kalimat-kalimat doa atau dzikir?
Jawaban :
Hubungan Air yang telah di beri do’a adalah selain Air sebagai pengganti cairan tubuh sedangkan Do’a sebagai perantara yang berisi mujijat dan mempunyai sugesti
  1. Menurut Anda, apakah dengan mengkonsumsi makanan yang halal lagi baik dan minum air yang didoakan dapat menyembuhkan penyakit seseorang?
Jawaban :
Menurut saya Ya, Allah berfirman dlm QS. Al-Baqarah: 168 yang artinya “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi.” Makanan bukan sekedar pengisi perut. Makanan yang kita makan tidak baik, dapat menyebabkan penyakit badan, sedangkan makanan tidak halal dapat menyebabkan penyakit batin seseorang. Sedangkan Air juga berfungsi dalam tubuh sebagai proses metabolisme, menurut saya Air yang di doakan tidak dapat menyembuhkan suatu penyakit, tetapi sugesti dari air yang telah di beri do’a yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit




  1. Menurut Anda, apakah keluarga pak Ahmad telah menerapkan prinsip Gizi Seimbang dalam konsumsi makanannya? Jelaskan.

Jawaban :
Keseimbangan gizi diperoleh apabila hidangan sehari-hari terdiri dari sekaligus 3 kelompok bahan makanan. Dari satu kelompok dipilih satu atau beberapa jenis bahan makanan.
Dilihat dari konsumsi sehari-hari keluarga pak ahmad, yang terdiri dari nasi beserta ikan bakar kesuakaannya, sayur yang seringkali dimasak bersama santan kelapa dan hampir setiap hari menikmati buah dari kebunnya, maka dapat dikatakan bahwa keluarga pak ahmad telah menerapkan prinsip gizi seimbang dalam arti kelompok bahan makanannya akan tetapi belum memenuhi prinsip gizi seimbang dalam arti ukuran atau porsi per orang maupun variasi jenis makanannya. Hal ini digambarkan pada kasus tersebut bahwa menu pada siang sama dengan malam hari.
17.  Hormon apa saja yang terlibat dalam pencernaan untuk ke tiga unsur gizi makro? Jelaskan mekanisme kerja hormon yang terkait dengan pikiran kita?
Jawaban:
Berikut adalah hormon hormon yang dapat mempengaruhi pencernaan.
1.       Human Growt Hormone (hGH)
hGH dihasilkan oleh kelenjar hipofisis anterior yang merupakan hormon pertumbuhan. hGH memiliki efek untuk cenderung meningkatkan glikogenolisis pada hati, lipolisis pada jaringan adiposa sehingga menimbulkan kelaparan sel seiring meningkatnya gula darah. Akan dihasilkan hormon stress yang merangsang rasa lapar. hGH juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan uptak asam amino pada sel dan mempercepat pembelahan sel.
2.      Hormon tiroid
Hormon tiroid bekerja seiring dengan hormon pertumbuhan, hormon tiroid adalah hormon metabolisme yang dapat meningkatkan pemakaian karbohidrat, protein dan lemak untuk metabolisme yang menghasilkan energi, panas, dan ATP. Hormon ini dihasilkan oleh kelenjar tiroid dengan rangsangan TSH dari hipofisis. Kelebihan hormon tiroid atau hipertiroid dapat menyebabkan metabolisme meningkat, tubuh menjadi panas, tremor dan kebutuhan makanan meningkat, tetapi berat badan tetap rendah karena makanan hanya menjadi energi untuk panas dan gerakan pada saat tremor.





3.      Parathormon (PTH)
Patahormon dihasilkan oleh kelenjar paratiroid yang memiliki defek pada pengaturan kadar kalsium. Saat tubuh kekurangan kalsium, maka parathormon dapat meningkatkan absorbsi kalsium pada usus halus.
4.      Insulin
Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh sel beta pankreas yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah. Defek insulin pada pencernaan adalah, ketika gula darah meningkat, maka insulin akan menghambat absorbsi glukosa pada usus halus dan menginduksi lipogenesis dan glikogenogenesis.

5.      Hormon adrenalin, dan nor adrenalin
Sistem pencernaan dipengaruhi oleh sistem syaraf otonom yang kerjanya dipengaruhi oleh hormon hormon ini. Efeknya dapat ke syaraf simpatis atau parasimpatis yang dapat meningkatkan atau menurunkan motilitas usus, meningkatkan atau menurunkan sekresi asam lambung dan efek efek lainya.
6.      Hormon lainnya
Terdapat berbagai hormon yang berefek menghambat atau meningkatkan hormon lainya, sehingga secara tidak langsung mempengaruhi pencernaan.

18.  Pada saat kita berpikir negatif atau kondisi stress, proses pencernaan bisa terganggu. Jelaskan bagaimana mekanisme kejadian ini? Penyakit apa saja yang bisa muncul dari keadaan ini?

Jawaban:
Stres akan mempengaruhi sistem saraf dalam tubuh. Ada dua sistem saraf yaitu simpatis (untuk merangsang) dan parasimpatis (untuk menenangkan). Jika seseorang stres, maka yang saraf simpatis akan terangsang. Akibatnya jantung berdebar, produksi asam lambung naik sehingga mengakibatkan penyakit maag, serta produksi hormon yang meningkat.
Pengaruh stres terhadap sistem pencernaan sangat tergantung individu. Artinya, bagian mana yang lemah, itulah yang diserang. Misalnya yang lemah adalah lambungnya, maka ketika stres, penyakit maag akan kambuh. Acap kali stres atau depresi juga menyebabkan seseorang sulit buang air besar.
Agar pencernaan tidak terganggu akibat stres, Anda bisa menenangkan pikiran dengan melatih teknik pernafasan secara teratur. Gangguan pencernaan akibat stres relatif tidak berlangsung lama sehingga dengan manajemen pernafasan, gangguan tersebut dapat diminimalisir.



Stress dapat menyebabkan terjadinya spasme (kejang) pada kerongkongan anda. Kejadian tersebut dapat meningkatkan kadar asam pada perut anda dan menyebabkan ketidaksanggupan atau gangguan atau kesulitan dalam mencerna makanan. Di bawah kondisi stres, penggilingan di dalam perut anda bisa metutup dan membuat anda merasa mual-mual. Stress atau tekanan bisa membuat usus besar anda bereaksi dengan cara membuat anda menjadi diarrhea/diare/buang air besar konsistensi cair atau sembelit/konstipasi

19.  Sebutkan sumber lemak jenuh dan lemak tidak jenuh ikatan tunggal yang bisa Anda tawarkan kepada keluarga pak Ahmad?

Jawaban:
Sumber lemak jenuh dan lemak tidak jenuh ikatan tunggal yang bisa ditawarkan kepada keluarga Pak Ahmad, antara lain:
-          Lemak jenuh : minyak kelapa, kelapa sawit, minyak sayur, minyak hewani
-          Lemak tidak jenuh tunggal : minyak zaitun, kacang tanah, buah-buahan seperti alpukat, biji-bijian, dan kedelai.

20.  Mengapa sumber lemak tidak jenuh ikatan rangkap dianggap mencukupi dalam keluarga pak Ahmad? Apakah ini terlihat memberi dampak positif terhadap keluarga pak Ahmad?

Jawaban:
-          Salah satu sumber lemak tidak jenuh ganda adalah ikan laut, seperti salmon dan makarel. Berdasarkan ilustrasi keluarga Pak Ahmad disebutkan bahwa keluarga Pak Ahmad sering membeli ikan setiap pagi, bahkan setiap pagi dan siang hari Pak Ahmad makan nasi dengan lauk ikan. Selain itu, Omega 3 dapat ditemukan pula pada makanan yang berasal dari tumbuhan seperti minyak dari raps, kacang kenari, walnuts, alpukat, bayam, minyak canola, dan kacang kedelai.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar