Jumat, 23 Desember 2011

Dasar_dasar Gizi 2


  1. Menurut Anda, apakah keluarga pak Ahmad telah menerapkan prinsip Gizi Seimbang dalam konsumsi makanannya? Jelaskan.
Jawab :
Menurut saya makanan yang di konsumsi oleh keluarga pa ahmad belum memenuhi prinsip gizi seimbang,  oleh karena variasi jenis makanan yang di sajikan pada siang hari dan malam hari tidak mengalami perubahan, Keseimbangan gizi diperoleh apabila hidangan sehari-hari terdiri dari sekaligus 3 kelompok bahan makanan. Dari satu kelompok dipilih satu atau beberapa jenis bahan makanan.
  1. Indeks Glikemik (IG) adalah indeks yang memperlihatkan kecepatan tersedianya glukosa dalam darah dari makanan yang dikonsumsi.  Sebutkan masing-masing 5 jenis makanan yang mempunyai IG tinggi, IG sedang, dan IG rendah.
Jawaban :
-    Indeks Glikemik Tinggi? 1. kacang tanah, 2. jeruk besar, 3. susu kedelai, 4. apel,5. pear.
-       Indeks Glikemik Sedang? 1. beras merah, 2. nasi putih, 3. es krim, 4. kismis, 5. gula meja.
-       Indeks Glikemik Rendah? 1. wortel, 2.semangka, 3.madu, 4.rice instant, 5.corn flakes,
  1. Apa saja sumber utama dari karbohidrat, lemak, dan protein dari pola makan keluarga pak Ahmad? Apakah sumber bahan makanan tersebut, dalam keluarga pak Ahmad, cukup bervariasi?
Jawaban :
§  Karbohidrat                    : nasi
§  Lemak                          : santan kelapa
§  Protein                          : ikan, sayur
Sumber makanan dalam keluarga pak ahmad belum bervariasi
4.       Pada keluarga ini, pak Ahmad menderita penyakit degeneratif, istrinya kekurangan gizi, dan anak-anaknya dengan status gizi normal.  Padahal mereka hidup dalam satu keluarga dengan pola makan yang sama.  Bagaimana hal ini dijelaskan ?
Jawaban:
Hal itu adalah sesuatu yang wajar, dikarenakan kebutuhan gizi setiap orang berbeda-beda dan penyebab berbeda-bedanya kebutuhan setiap gizi multifaktor, yaitu diantaranya usia, jenis kelamin, jenis pekerjaan, aktivitas, pendidikan dan sebagainya. Dari ilustrasi kasus di atas, bahwa pak Ahmad mengkonsumsi makronutrient berlebih dan sang istri kekurangan gizi dikarenakan dia menyamaratakan kebutuhannya dengan anak dan suaminya sementara ia membutuhkan porsi berlebih.
5.       Sebutkan sumber lemak jenuh dan lemak tidak jenuh ikatan tunggal yang bisa Anda tawarkan kepada keluarga pak Ahmad?
Jawaban:
Sumber lemak jenuh dan lemak tidak jenuh ikatan tunggal yang bisa ditawarkan kepada keluarga Pak Ahmad, antara lain:
-          Lemak jenuh : minyak kelapa, kelapa sawit, minyak sayur, minyak hewani
-          Lemak tidak jenuh tunggal : minyak zaitun, kacang tanah, buah-buahan seperti alpukat, biji-bijian, dan kedelai.
6.       Mengapa sumber lemak tidak jenuh ikatan rangkap dianggap mencukupi dalam keluarga pak Ahmad? Apakah ini terlihat memberi dampak positif terhadap keluarga pak Ahmad?
Jawaban:
-          Salah satu sumber lemak tidak jenuh ganda adalah ikan laut, seperti salmon dan makarel. Berdasarkan ilustrasi keluarga Pak Ahmad disebutkan bahwa keluarga Pak Ahmad sering membeli ikan setiap pagi, bahkan setiap pagi dan siang hari Pak Ahmad makan nasi dengan lauk ikan. Selain itu, Omega 3 dapat ditemukan pula pada makanan yang berasal dari tumbuhan seperti minyak dari raps, kacang kenari, walnuts, alpukat, bayam, minyak canola, dan kacang kedelai.
  1. Pemanis buatan seperti aspartam banyak tersedia di pasaran yang banyak digunakan oleh industri minuman.  Sebutkan 10 produk makanan yang menggunakan aspartam, dan sebutkan pula akibat yang bisa muncul dari konsumsi pemanis buatan ini?
Jawaban :
-    1. Hemaviton, Hemaviton Action, Hemaviton Energi Drink, Neo Hormofiton, 2. Segar Sari, 3. Pop Ice Blender, Sari Vit C, 4. M150, 5. Aqua Splas of Fruit,   6. Energen Cereal, 7. Pop Ice, 8.Nidhi Orange Drink, 9.Amazone, dan Mizone.10.  Jas jus.
-    terjadi wabah pengerasan otak atau sumsum tulang belakang dan lupus.
  1. Kelebihan konsumsi makronutrient (gizi makro) berakibat obesitas yang banyak diderita baik oleh masyarakat di negara maju maupun negara berkembang seperti Indonesia.  Sebutkan upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi obesitas?
Jawaban :
-       Pengaturan pola makan
-       Olah Raga
-       Konsumsi Obat
-       Beberapa cara lain : Akupuntur, Mesotherapy, Liposuction dan Body Contouring
  1. Dalam dekade terakhir ini, Gizi dianggap sebagai Dasar Pembangunan Bangsa. Jelaskan pernyataan ini.
Jawaban :
Gizi merupakan salah satu komponen penting dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas sehingga mampu berperan secara optimal dalam pembangunan bangsa.
10.   Apa saja akibat dari keluarga yang kurang mengkonsumsi lemak tidak jenuh baik ikatan tunggal maupun ikatan rangkap?
Jawab:
            Asam lemak tak jenuh ganda tersebut sangat bermanfaat bagi proses kecerdasan, penglihatan, dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, bermanfaat juga dalam menanggulangi masalah aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah) dan penyakit jantung koroner.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar